GURU SEJATINYA TETAP KUNCI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. NAMUN, SEBAGAI AGEN PERUBAHAN, GURU DITUNTUT HARUS MAMPU MELAKUKAN VALIDASI MEPERBAHARUI KEMAMPUANNYA, SESUAI DENGAN TUNTUTAN ZAMAN AGAR TIDAK TERTINGGAL

Loading...
 

Artikel Pendidikan


  1. Pendidikan Atau Olah Ragakah Yang Lebih Penting ? (Drs. Fekrynur, M.Ed. Pengawas Sekolah Prop. Sumbar)
  2. Modal Asing Vs Nilai Nasional Pendidikan (Drs. Fekrynur, M.Ed. Pengawas Sekolah Prop. Sumbar).
  3. Menumbuhkan Budaya Gemar Belajar dan Hidup Mandiri(Marjohan, Guru SMAN 3 Unggul Batusangkar)
  4. Mengapa Harus Ke SMA ??? (Prof. DR. H. Jalius Jama, M.Ed. Dosen Pascasarjana UNP)
  5. Perlu Kreatif Untuk Meredakan Kebosanan (Marjohan – Guru SMAN 3 Unggul Batusangkar)
  6. Danau Singkarak Tempat Pembuangan Sampah atau Tempa Rekreasi ? (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar)
  7. Kemandirian Dalam Belajar Perlu Ditingkatkan (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusanggar)
  8. Tinggalkan Metode Konvensional (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar)
  9. Masih Adakah Siswa yang Meidolakan Pahlawan ? (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar)
  10. Helping Listless and Distrubtive Students With Love (Endah Yulia Rahayu - Dosen Universita Adi Buana Surabaya)
  11. Pendidikan Anti Korupsi, Membangun Bangsa yang Jujur, Disiplin, Percaya Diri, Kreatif dan Rajin Membaca Melalui Proses Ujian Sekolah (Prof. DR. H. Buchari Alma – Guru Besar Univ. Pendidikan Indonesia Bandung)
  12. Sertifikasi Guru (Daswir – Guru SMAN 1 Gunung Talang)
  13. Citra Sekolah Kejuruan dan Madrasah Sebagai Sekolah Kelas Dua (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar
  14. Menyoal Ujian Nasional (Prof. DR. H. Mohammad Surya – Ketua PB PGRI, Anggota DPD RI, Guru Besar UPI dan Unpas Bandung)
  15. SINETRON DICURIGAI SEBAGAI PEMICU SISWA TERCERABUT DARI BUDAYA “Adat Bersandi Sarak- Sarak Bersandi Kitabullah” (Marjohan – Guru SMA 3 Batusangkar)
  16. Pendidikan yang Belum Mendidik (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar)
  17. Guru Bukan Kongsi Ilmu (Drs. Slamet Sutrisno M.Si – Dosen Fakultas Filsafat UGM, anggota Dewan Pendidikan Klaten)
  18. Siswa Perlu Tahu Bila Gagal Tak Perlu Frustasi (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar)
  19. Bila Pembagian Jurusan SMU Dilakukan Secara Tidak Matang (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar)
  20. Obrolan Buat Mahasiswa (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  21. Fenomena Anak Sebahagian Muda (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  22. Melacak Pergaulan Siswa Yang Diluar Batas (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  23. Siswa Perlu Tahu: Rahasia Keberhasilan 10 Jutawan (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  24. Suatu Gejala Negatif Guru Menomorduakan Sekolah (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  25. Guru Perlu Memiliki Kecerdasan Berganda (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar – Program Layanan Keunggulan)
  26. Siswa Bingung Memilih Figur antara Selebriti dan Tokoh Intelektual (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar – Program Layanan Keunggulan)
  27. Karakter Guru Berpengarruh Terhadap Masa Depan Siswa (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar – Program Pelayanan Keunggulan)
  28. Sertifikasi, Jalur by Pass Menuju Peningkatan Taraf Hidup (Mohammad Saroni – Guru SMK Brawijaya Mojokerto)
  29. Pentingnya Objektifitas Dalam Sertifikasi Guru (Suwati – Guru SMKN 1 Kota Mojokerto)
  30. Membangun Kreatifitas Tidak Hanya Berorientasi Sertifikasi (Mohammad Saroni – Guru SMK Brawijaya Mojokerto)
  31. Sertifikasi Menuntut Guru Kreatif (Minarti – Guru SDN Gempol Kerep II, Gempol Kerep, Mojokerto)
  32. Menggagas tentang Wakil Kepala Sekolah di Tingkat Sekolah Dasar (Mohammad Saroni – Guru SMK Brawijaya Mojokerto)
  33. Sekolah Menengah Kejuruan, Mencetak Tenaga Terampil Berbasis Sekolah (Mohammad Saroni – Guru SMK Brawijaya & SMK PGRI Kota Mojokerto)
  34. Guru-guru dan Para Guru (Drs. Ariasdi – Guru Seni Rupa dan TIK SMAN 1 X Koto Singkarak Kab. Solok)
  35. Pola Pendidikan Di Rumah Masih Miskin Dengan Sentuhan Spiritual (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar - Program Layanan Keunggulan)
  36. Sebentar Lagi Ujian Nasional, Jangan Lupa Merekayasa atau Mencontek (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar – Program Layanan Keunggulan)
  37. Kyoiku Mama (Prof. DR. Daoed Joesoef – Mantan Mendikbud RI)
  38. Tuntutlah Ilmu di Universitas Kehidupan (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar – Program Layanan Keunggulan)
  39. Merokok Sudah Menjadi Gaya Hidup di Sekolah (Marjohan – Guru SMA Negeri 3 Batusangkar – Program Layanan Keunggulan
  40. Mudahnya Gelar di Negeri Ku (Zulkifli – Mahasiswa FE-UNP)
  41. Sertifikasi Sebuah Harapan (Zulkifli – Mahasiswa FE-UNP)
  42. Menyusun Rencana Pelakasanaan Pembelajaran: RPP Jiplakan dan Budaya Potong Kompas (Pratiwi Retnaningdyah – Staf pengajar Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNESA, anggota Klub Guru Jatim)
  43. Pendidikan Sebagai Panglima (Rektor UIN Syarif Hidayatullah)
  44. Sertifikat Guru Dalam Jabatan (Masalah dan Harapan) (Prof. Drs. Satni Eaka Putra -  Mantan Kadisdik Prop. Sumatera Barat, sekarang Dosen nand)—–
  45. Pornagrafi Masuk ke Sekolah Lewat Hand Phone dan Internet
    (Marjohan – Guru SMAN 3 Batusangkar – Program Layanan Keunggulan)
  46. Memajukan Pendidikan Islam Kita Perlu Belajar dari Masa Lampau (NS. Masmuri, S.Kep. Dosen AKPER Pontianak)
  47. Komitmen Ubtuk Pendidikan Bangsa (Irwan Prayitno, Ketua Komisi X DPR RI)
  48. Sekali Lagi Tentang Dampak Buruk Ujian Nasional (Afrianto Daud, guru MAN 3 Batusangkar, alumni Fakultas Pendidikan Monash University Australia)
  49. Dibalik Pemetaan Pendidikan Nasional (Doni Koesoema A Mahasiswa Pascasarjana Boston College Lynch School of Education, Boston Sumber : Kompas, Kamis, 27 Maret 2008
  50. Pra Ujian Nasional Cerminan Kelulusan (Ishak Aziz, Dosen Jurusan Penkepel FIK UNP Padang)
  51. Rapuhnya Komitmen Guru (Gugur Manurung, Anggota Komunitas Air Mata Guru, Mahasiswa Doktor UNJ)
  52. PRogram Kewirausahaan Kartu As Pembelajaran SMK (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya dan SMK PGRI Mojokerto)
  53. Orientasi Belajar Yang Tidak Terarah (Mohammad Saroni, guru SMK Brawijaya dan SMK PGRI Kota Mojokerto)
  54. Siswa di Tengah Budaya Instan (Widarso Pujianto Eko Putro, guru SMP 1 Sukosari Bondowoso, dan Dosen Univ. Bondowoso)
  55. Pelayanan Tuntas Dari SMK Untuk Masyarakat (Mohammad Saroni, guru SMK Brawijaya dan SMK PGRI Kota Mojokerto)
  56. Menuju SDM Sumbar, Cerdas dan Berakhlak Baik (Mahyeldi Ansharullah, Wkl. Ketua DPRD Sumbar)
  57. Kualitas Pendidikan Indonesia Suatu Refleksi (Yohanes Sudaryono FIC)
  58. Membuka jejaring Kerja dari SMK (Mohammad Saroni, guru SMK Brawijaya dan SMK PGRI Mojokerto)
  59. Sekolah Gratis; Contoh Perjalanan Konsep yang Belum Selesai (Suparlan, Kepla Bidang Pelayanan Teknis PPPG Matematika Yokyakarta)
  60. Perinsip Ekonomis Dalam Pembelajaran (Suwati, guru SMKN 1 Kota Mojokerto)
  61. Perkembangan Substansi Pada Kurikulum Indonesia (Bambang Hariyanto, members of Mailinglist CFBE)
  62. Pendidikan Berkualitas, Sebuah Cita-cita (Leonardy Harmainy, Ketua DPRD Sumatera Barat)
  63. Gerakan Nasional Pembelajaran Statistika (Agus Sartono, Van Stralenstraat 100 Antwerpen-Belgium)
  64. Konstruksi Humor dalam Pembelajaran (Imam Suhari, S.Pd. Guru SMAN 1 Arjasa Kangean)
  65. Kontroversi Pendidikan Profesi Guru (Waras Kamdi, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Univ. Negeri Malang)
  66. Konsep Dulu, Baru Uang (Daoed Joesoef, Mantan Mendiknas RI)
  67. Belajar di Alam Meningkatkan Gairah Belajar IPA Siswa (Mohamad Juri, S.Pd., MMPd, Guru SDN Omben II Kec. Omben Kab. Sampang)
  68. Konsep Kemitraan Dalam Kewirausahaan di SMK (Mohamad Saroni, Guru SMK Brawijaya Mojokerto)
  69. Kita Butuh SMK Pelatihan (Mohamad Saroni, Guru SMK Brawijaya Mojokerto)
  70. Peningkatan Mutu Pendidikan Oleh Pemprov Sumbar di Era Otoda Mungkinkah ? (Drs. Fekrynur, M.Ed, Pengawas Sekolah Tingkat Prov Disdikpemdora Prov. Sumbar)
  71. Peningkatan Mutu Pendidikan Oleh Pemprov Sumbar Mungkinkah ? (Drs. Fekrynur, M.Ed. Pengawas Sekolah Prop. Sumbar)
  72. Menggairahkan Nafsu Belajar Siswa Dengan menciptakan Lingkungan Belajar Bernilai Estetis (Muhammad Juri, S.Pd., MMPd. Guru SFN Omben II Sampang Madura)
  73. Kontroversi UU BHP ( Eko Prasojo, Guru Besar FSIP  UI dan Anggota MWA UI)
  74. BHP dan Peran Serta Masyarakat (Ahmad Baedowi, Direktur Pendidikkan Yayasan Sukma)
  75. Ada Psikopat di Sekolah (Reza Indragiri Amreil, Ketua jurusan Psikologi Univ. Bina Nusantara Jakarta)
  76. Kenaikan Standar Kelulusan Unas (Prof. Dr. Zainuddin Maliki M.Si., Rektor Univ. Muhammadiyah Surabaya)
  77. Guru Dipimpin Orang Luar Kandang (Slamet Hariyanto, Mahasiswa S2 Ilmu Hukum, Univ. Air Langga)
  78. Refleksi : WNI Keturunan Sangat Peduli Pada Pendidikan Anak (Marjohan, M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  79. Faktor-Faktor Penyebab “Karakter Ingin Jalan Pintas” di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  80. Home Schooling, Alternatif Segar (Ariani. K, SPT)
  81. Peranan Surau Dalam pembentukan Karakter Masyarakat Minangkabau (Achjar Chalil, Koordinator Tim Pandawa Lima)
  82. Pendidikan Sirkus (A. Dardiri Zubairi)
  83. Membudayakan Applause dan Mencegah Kekerasan Dalam Mendidik (Marjohan, M.Pd. Guru SMAN 3 Batusangkar)
  84. Pembentukan Karakter Peserta Dididik Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Fitrah (Achjar Chalil, Guru SMKN 56 Jakarta)
  85. Internet diserbu dan Perpustakaan Ditinggalkan (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  86. Gaya Hidup Guru, Mengejar Penampilan atau mengejar Kopetensi Profesi (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  87. Jangan Terjebak Pendidikan Karbitan (Dr Junadi, SS. M.Hum., Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning)
  88. Orang Tua tanpa Konsep Pendidikan Bisa Salah Didik (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  89. Pendidikan Butuh Model Bukan Khotbah (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  90. Mutu Pendidikan : Silau Kemilau Olimpiade Sains (Ahmad. R. Dorajad, Peraih Medali Emas Olimpiade Sains Nasional 2007 Bidang Ekonomi)
  91. Guru Senang Ceramah Eksperimen Ditinggalkan (Diwarman, S.Pd, M.Si., Guru SMAN 2 Batusangkar)
  92. Komunikasi Penentu Iklim Sekolah, Sebagai Penjara atau Rumah Yang Kedua ( Marjohan M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  93. “Discovering Ability” dan “Open Book”: Rahasia Melejitkan Budaya Baca dengan “Multiple Intelligences” di Sekolah-Sekolah Finlandia? ( Munif Chatib )
  94. Menunggu Multiplier Effect Sertifikasi Pendidik (Afrianto Daud, guru MAN 3 Batusangkar, alumni Fakultas Pendidikan Monash University Australia)
  95. “PR”, Apakah Perlu? (Thomas Gunawan Wibowo, Guru SMA Kanisius Jakarta, Sedang Studi Instructional Leadership di Loyola University Chicago)
  96. Membudayakan Penghargaan untuk Mendongkrak Motivasi Belajar Anak (Marjohan, M.Pd. Guru SMAN 3 Batusangkar)
  97. Kesadaran Pelajar Terhadap Keselamatan Diri Dalam Berkendaraan Sangat Kurang (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN.3 Batusangkar)
  98. Buya Hamka Berkembang Melalui Otodidak ( Marjohan, M.Pd Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  99. Sekolah Unggulan Jembatan Menuju PNS, Pengangguran Atau Wirausaha (Marjohan, M.Pd Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  100. Indonesia Bangsa Yang Jarang Kena Contreng (V) Di Dunia (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  101. Pelajar Korban Gaya Hidup Hedonisme (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  102. Indonesia Berpotensi Lenyap Dari Peta Kesusasteraan Dunia (Marjohan, M.Pd., Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  103. Paradigma Baru: Menjadi PNS Plus (Marjohan, M.Pd, Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  104. Dinamika Memilih Sekolah Baru: Harapan, Tuntutan, dan Kepedulian kepada Sekolah (Sopyan Maolana Kosasih, Guru SMPN 3 Bogor)
  105. Periodisasi Masa Jabatan Kepala Sekolah dan Peningkatan Mutu Pendidikan (Entis Sutisna, Guru SMAN 4 Tangerang)
  106. Bercermin Pada Pendidikan Negara Lain (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  107. Bercermin Pada Sistem Pendidikan di Jepang (Christianus I Wayan Eka, MA., Aisten Pengajar pada Faculty of Policy Studies and Faculty of Information Sciences and Enggineering Nanzan University Japan)
  108. SMK Sebagai Pusat Pelatihan Terpadu (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya Mojokerto)
  109. Dana Bergulir Untuk Kewirausahaan SMK (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya Mojokerto)
  110. Buru-buru ke Internet Untuk Tujuan Pendidikan atau Demoralized (Marjohan M.Pd. Guru SMAN 3 Batusangkar)
  111. Apa salahnya Metoda Konvensional ? (Jalius Hr.)
  112. Bila Media TV Kurang Memiliki Nilai Pendidikan (Marjohan M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  113. Mendidik – Mengajar – Media Televisi (Jalius HR)
  114. Semangat Eksplorasi dan Kualitas Pendidikan (Marjohan M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  115. Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Moral (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  116. Bila Pengemis Dilarang Mengemis, Siapa Lagi pembela mereka (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  117. Suasana Pendidikan Rumah Yang Hiruk Pikuk (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  118. Langkah-langkah Menjadi Penulis dan Mamnfaatnya Dalam Pengembangan Diri (Manrjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  119. Menoptimalkan Fungsi Otak Untuk Pendidikan (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  120. Surauku Sudah Roboh (Chairman Djalal)
  121. Menelisik Pembaharuan di Minangkabau (Prof. DR. H. Armei Arief, MA, Dekan Fakultas Agama Islam Univ. Muhammadiyah Jakarta)
  122. Prinsip Percepatan Pembelajaran Untuk Mengejar Ketertinggalan (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  123. Guru Bersiap-siaplan Jalani Program Induksi (Zita Meirina)
  124. Mengoptimalkan Pendidikan di Rumah (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  125. Tangan Diatas Tangan Dibawah, Jangan Salah Tafsir (Jalius HR. Dosen FIP Universita Negeri Padang)
  126. Iqra’ ! (Yudhistira ANM Massardi, Makalah untuk Konferensi Pendidikan & Lokakarya: “Learning with Meaning” di Hotel LeMeridien Jakarta, 23-25 Oktober 2009)
  127. Appenscholen (Sekolah Beruk), (Suryadi, Dosen dan Peneliti di Universitas Leiden)
  128. Sang Bunda dan Sang Bayi (M. Apud Kusaeri, Dipl. Rad., Spd., M.Si)
  129. Posisi M. Yamin Dalam Sejarah Indonesia (Asvi Warman Adam, Sejarawan LIPI)
  130. Mendidik dan Membina Karakter Anak Sejak Dini (Marjohan, M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  131. Bila Sekolah Hanya Untuk Mencari Ranking Satu (Marjohan, M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  132. Mandiri Utopia Belaka (Jalius HR, Dosen FIP Universita Negeri Padang)
  133. Saatnya Belajar Dengan Cara Menyenangkan (Marjohan, M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  134. Kaloborasi Guru dan Dosen Dalam Pnelitian (Wijaya Kusumah, Motivator dan Trainer Tingkat Nasional)
  135. Pentingnya Jiwa Besar Bagi Guru (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  136. Sebaiknya Setiap Guru Harus “Penyabar” (Jalius HR, Dosen FIP INP)
  137. Upaya Pembasmian Korupsi di Neger Entah Berentah (Mochtar Naim, Anggota DPD RI)
  138. Bukan Columbus, Tidak Pula Cheng Ho (Jalius HR, Dosen FIP UNP)
  139. Apakah Memang Penting Mata Pelajaran Matematika dan Sain Itu ? (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  140. Mengukur Peringkat Pendidikan Berdasarkan UN Sudah Kadaluarsa (Marjonan M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  141. Yakin Hanya UN ? (Herri Mulyono, Dosen Univ. Prof. DR. HAMKA dan Teacher Trainer for TPA, TK, SD Teachers in Jakarta at FITKOM)
  142. Mengenai Hati Nurani (Jalius HR. Dosen FIP Univ. Negeri Padang)
  143. “Mitos-mitos” Ujian Nasional ? (Elin DrianaMendalami Bidang Riset dan Evaluasi Pendidikan; Salah Seorang Koordinator Education Forum)
  144. Mencari (Cari) Relevansi Ujian Nasional (Ahmad Baedowi, Direktur Pendidikan Yayasan Sukma, Jakarta)
  145. Disain Besar Pendidikan (Doni Koesoema A. Alumnus Boston College Lynch School of Education, Boston, AS)
  146. Proposal Kerja Untuk Proses Pembelajaran Ketrampilan (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya Kota Mojokerto)
  147. Konsep Gagasan Kongres Kebudayaan Minangkabau Mei 2010 (DR. Mochtar Naim, Wk. Ketua Penggagas Kongres Kebudayaan Minangkabau, Pengurus Gebuminang Pusat)
  148. Konvensional (Jalius HR. Dosen FIP Universita Negeri Padang)
  149. Rekonstruksi Buku Teks Sekolah (Jamaludin, Pengamat perbukuan dan Direktur Yayasan Buku Cerdas, Jakarta)
  150. Sekolah Unggulan Gaya Amerika Tidak Mengenal Jurusan Primadona (Marjohan M.Pd Guru SMAN 3 Batusangkar)
  151. 6  Tanda Sekolah Anda Perlu Berubah (Agus Sampurno IT specialist teacher at Sekolah Global Jaya Indonesia)
  152. Saatnya Guru Sertifikasi  Menjadi Learning Manager (Marjohan, M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  153. Professionalisme guru: Fasilitator vs content transmitter (M. Haris Effendi, MSi PhD Candidate of Science Education The University of Queensland – Brisbane – Australia)
  154. Program Aplikasi Sekolah, Jembatan Penghubung Sekolah Dengan Masyarakat (Desmalinda, Guru SMAN 10 Padang)
  155. Merajut Pendidikan Berkualitas (Marjohan, M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  156. MASIH PERLUKAH SEKOLAH ? (Tabrani Yunis, Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh)
  157. Dunia Pendidikan 2009 – Antara Ruang Wacana, Fakta, dan Ekspektasi (Sukemi, Staf Khusus Menteri Pendidikan Nasional Bidang Komunikasi Media)
  158. UN/UAS ? PERLUKAH? (Desmalinda, Guru R-SMAN-bi 10 Padang)
  159. UN dan Pelajaran Korupsi di Sekolah (Entis Sutisna, Guru SMAN 4 Tangerang)
  160. Jiwa Kewirausahaan Perlu Ditanamkan secara Integral (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya Kota Mojokerto)
  161. Membangkitkan Keberanian Berwirausaha (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya Kota Mojokerto)
  162. Menciptakan Entrepreneur Muda dari Sekolah (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya Kota Mojokerto)
  163. Guru dan Pendidikan Nasional (Irwan Safari,S. Pd., Guru SMP N 10 Bengkalis)
  164. Mengelola Sekolah Plus untuk Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup (Mohammad Saroni, Guru SMK Brawijaya Kota Mojokerto)
  165. Multi Media Interaktif (Desmalinda, Guru R-SMA- BI negeri 10 Padang)
  166. REFORMASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Mempersiapkan Generasi di Abad 21 (Baskoro Adi Prayitno, Dosen FKIP UNS Surakarta)
  167. Pendidikan dan Parenting Dalam Keluarga (Marjohan M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  168. Loper Koran Menggugat Perguruan Tinggi (Teuku Kemal Fasya. Dosen Antropologi Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe)
  169. RSBI vs Sekolah Jepang (Murni Ramli, Dosen Politeknik Darul Fallah, dan Guru Madrasah Al-Haitsam, Bogor)
  170. Warga Sekolah Perlu Menghargai Waktu (Marjohan M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  171. Fenomena NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) (Bondan S Prakoso Dosen FMIPA Universitas Brawijaya Malang Mantan Anggota Tim Dapodik & Jardiknas Biro Perencanaan Depdiknas 2006-2007
  172. Bila Siswa Sekolah Dasar  Kecanduan Game on line (Marjohan, M.Pd Guru SMAN 3 Batusangkar
  173. Jangan Asal Menyekolahkan Anak Ke Boarding School (Marjohan, M.Pd Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  174. Meniru Kreatifitas  Belajar Bung Karno (Marjohan, M.Pd Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  175. Barrack  Obama Memberi Inspirasi Para Remaja dari tiga Benua Dalam Menggapai Mimpi Di Masa Depan (Marjohan M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  176. Seharusnya Sekolah Tidak Mencetak Anak-Anak Konseptor (Wildan Rasyid, Siswa SMAN 3 Batusangkar)
  177. Perbaiki Kemasan Pesan Pendidikan (Jalius HR.Dosen FIP Univ. Negeri Padang)
  178. Proses Belajar Kreatif Para Ilmuwan (Marjohan M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  179. Seulas Senyum Guru, Sejuta Kebahagian Bagi Murid (Wildan Rasyid, Siswa SMA Negeri 3 Batusangkar)
  180. Kehilangan Figur Ayah Membuat Pria Sulit  Jatuh Cinta (Marjohan M.Pd. Guru SMAN 3 Batusangkar)
  181. Orang Pintar Plagiat (Rhenald Kasali. Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia)
  182. Ujian Nasional Menyesatkan (Heru Widiatmo. Peneliti di American College Testing, USA)
  183. Ujian Nasional dan Mentalitas Lancung (Alfan Alfian, Dosen di FISIP Universitas Nasional, Jakarta)
  184. Pengalaman Mengikuti Pertukaran Pelajar di Negara Paman Sam (Marjohan , M.Pd,.Guru SMAN 3 Batusangkar)
  185. Bagaimana Orang Bisa Menemukan “Facebook” (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  186. Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Belajar di Sekolah (Drs. Marijan, Guru SMPN 5 Wates Kulon Progo Yogyakarta dan Anggota KGI Kulon Progo DIY)
  187. Menjadi Penulis Kreatif Melalui Blogger (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  188. Katak Machiavelli di dunia kerja (HD. Messa)
  189. Lebih Baik Menjawab Dengan Jujur Atau “Benar”? (Gene Netto)
  190. Menghidupkan Cita-cita Menjadi Pengusaha Kembali (Marjohan M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  191. Menjemput Medali Sampai Ke Azerbaijan (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  192. Penulis Berjasa Mendidik dan Menghibur Jutaan Anak-Anak (Marjohan M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  193. Meraih Sukses Lewat Olah Raga (Marjohan M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  194. Kesadaran Mengelola Pengetahuan untuk Seorang Guru (Hernowo)
  195. Uswah, Shuhbah, dan Da’wah: Menemukan Makna-Pendidikan dengan Bantuan Kiai Idris Jauhari (Hernowo)
  196. Guru dan Bimbel Jangan Memberikan Cita-cita Yang Salah Pada Siswa (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  197. Ilmuwan Hebat Yang Membangun Dasar  Peradaban Dunia (Marjohan, M.Pd., Guru SMA Negeri 3 Batusangkar)
  198. Mengembalikan Pendidikan Kepribadian yang  Hilang (Drs. MARIJAN, Guru SMPN 5 Wates Kulon Progo Yogyakarta dan Anggota KGI Kulon Progo DIY)
  199. Guru Bahasa Indonesia ‘Berpaling’ pada Bahasa Asing (Ria Febrina)
  200. Menumbuhkan Semangat  Guru Mau Menulis (Drs. Marijan Guru SMPN 5 Wates Kulon Progo Yogyakarta dan Anggota KGI Kulon Progo DIY
  201. Pakem, Sebuah Solusi Pembelajaran Masa Kini (Drs. MARIJAN. Guru SMPN 5 Wates Kulon Progo Yogyakarta)
  202. HENTIKAN PROGRAM SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) – (Satria Dharma Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI)
  203. Paradigma Pendidikan Kita Terkini (Drs. MARIJAN, Guru SMPN 5 Wates Kulon Progo Yogyakarta)
  204. Pemberdayaan Profesi Guru Melalui Karya Ilmiah (Drs.MARIJAN Guru SMPN 5 Wates Kulon Progo Yogyakarta)
  205. KRITIK ATAS PROGRAM SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DAN USULAN PERBAIKANNYA (Satria Dharma Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia – IGI)
  206. Menghargai “Keunikan” Individu dalam Belajar Matematika (Abdul Halim Fathani. Pemerhati Pendidikan, Koordinator Qalam Writing Society)
  207. Menghukum Peserta Didik Ala Ki Hajar Dewantara (Drs.Marijan Praktisi Pendidikan di SMPN 5 Wates Kulonprogo Yogyakarta)
  208. Saatnya Bintang “INS Kayutanam 1926” Bersinar Terang Lagi (Marjohan, M.Pd – Pencinta INS Kayutanam dan Guru SMAN 3 Batusangkar)
  209. Sekolah Unggul (Prof. H. IRWAN PRAYITNO. Gubernur Sumatera Barat)
  210. Bapak, Ibu, Selamatkan Anak-anakmu! (Yudhistira ANM Massardi. Sastrawan/wartawan/pengelola sekolah gratis TK-SD Batutis Al-Ilmi di Bekasi dan penerbit Media TK Sentra)
  211. Dzikir Syarat Utama menjadi Pendidik Profesional (Dedi Suherman S.Ag. Guru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat)
  212. Membentuk Guru Yang Berkualitas Dalam Kemandirian (Drs. Marijan. Praktisi Pendidikan di SMPN 5 Wates Kulonprogo Yogyakarta)
  213. SELAMAT KEPADA GURU PROFESIONAL (Dedi Suherman.Guru SD Negeri I Jati Kec. Batujajar, Kab.Bandung Barat)
  214. SIFAT PENDIDIK HARUS DIMILIKI OLEH GURU PROFESIONAL (Dedi Suherman Guru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat)
  215. Tanggung jawab Guru Penerima Sertifikasi Dalam Menggenjot SDM Pendidikan (Marjohan, M.Pd
    Guru SMAN 3 Batusangkar)
  216. MENCERMATI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM IMPLEMENTASINYA (Dedi Suherman . Guru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat)
  217. Tsunami Jepang- Aceh dan SDM Manusianya (Marjohan, M.Pd. Guru SMAN 3 Batusangkar)
  218. Tanggung jawab Guru Penerima Sertifikasi Dalam Menggenjot SDM Pendidikan (Marjohan, M.Pd, Guru SMAN 3 Batusangkar)
  219. Kegagalan Sistem Pendidikan Asia (Achmanto Mendatu, Magister Profesi Psikologi UGM)
  220. Memberantas Penyakit “Examen Cultus” (Dhitta Puti Sarasvati. Direktur Program Ikatan Guru Indonesia)
  221. MULTIPLE INTELLIGENCES DAN GAYA BELAJAR SISWA (Abdul Halim Fathani, Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
  222. Berburu Passing Grade Sebelum Masuk  Ke Perguruan Tinggi (Marjohan, M.Pd. Guru SMAN 3 Batusangkar)
  223. Pembelajaran Terpadu Dapat Melahirkan Pelajar Bermutu (Dedi Suherman. Guru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat)
  224. “BEST PROCESS” – INDIKATOR SEKOLAH UNGGUL  (Munif Chatib, Konsultan Pendidikan dan Manajemen,
    Direktur Sekolah YIMI, Full Day School Gresik)
  225. RENUNGAN BUAT SANG PEMIMPIN (ROSFAIRIL, Kepala SMAN 3 Batusangkar)
  226. Fenomena Demam BIMBEL agar Jebol Perguruan Tinggi (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  227. Menjaga Moral Bangsa (KH Tengku Zulkarnain)
  228. Menyoal Tingkat Kelulusan UN di Sumbar (Hardiman Kambang)
  229. BULAN MEI PENUH ARTI (Dedi Suherman Guru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat)
  230. Pemberian Label Untuk Membentuk Kualitas Bangsa Kita (Label kota-kota di Sumbar mungkin perlu update ?) – (Marjohan, M.Pd. Guru SMAN 3 Batusangkar)
  231. Pendidikan Alquran yang Memprihatinkan (Guru PAI SMP Negeri 8 PadangGuru, Mahasiswa Program Doktor (S.3) IAIN Imam Bonjol Padang)
  232. Milikilah Lima Kekuatan Agar Cerdas Dalam Hidup. (Marjohan, M.Pd., Guru SMAN 3 Batusangkar)
  233. PENDIDIKAN BERWAWASAN BUDI PEKERTI (Dedi Suherman, Guru SDN Jati 1 Batujajar Bandung Barat)
  234. Karakter Guru dalam Perspektif Alquran (Muhammad Kosim, MA., Guru PAI SMP Negeri 8 Padang, Mahasiswa Program Doktor (S.3) IAIN Imam Bonjol Padang)
  235. MENGAPA PENYAKIT KORUPSI SEMAKIN MENJADI? (Dedi Suherman. Guru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung
  236. ”Selisih” Guru Dulu dengan Guru Sekarang (Nara Akhirullah, Penulis Kompasiana)
  237. Percaya Diri (HAMKA – Haji Abdul Malik bin Karim Amrullah)
  238. Membedah Industri Pendidikan Tinggi (Anita Lie, Sekjen Dewan Pendidikan Jawa Timur)
  239. ”Perlukah Pendidikan Berkarakter?” (Dedi Suherman
    Guru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat)
  240. Orang Tua Pembangun Utama Pendidikan  Karakter Anak (Drs.Marijan. Praktisi Pendidikan di SMPN 5 Wates Kulon Progo DIY)
  241. REVITALISASI PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATERA BARAT MELALUI PENDIDIKAN BERNUANSA SURAU (Dra. Nadiarlis, M.Pd., Guru PAI SMA Negeri 3 Batusangkar – Sumatera Barat)
  242. Tidak Zamannya Lagi Kalau Hanya Sebatas Cerdas Akademis (Marjohan, Mpd.Guru SMAN 3 Batusangkar)
  243. Mendongkrak Budaya Baca Pelajar dan Anak-anak Kita (Drs.Marijan Praktisi Pendidikan di SMPN 5 Wates Kulon Progo Yogyakarta) 
  244. Profesionalme Kebijakan Pemimpin: Integritas Pengetahuan-Keterampilan-etika (Analisis Kepemimpinan Masa Depan) - Oleh : Hamdan Siradj  
  245. Pendidikan Karakter Bangsa (Dedi SuhermanGuru SDN 1 Jati Kec. Batujajar Kab. Bandung Barat)
  246. Mengembangkan Pembelajaran Sains yang Kontekstual, Efektif, dan Menyenangkan (Drs Marijan, Praktisi Pendidikan di SMPN 5 Wates Kulonprogo Yogyakarta)
  247. Analisis SWOT Sekolah Jenjang SD, SMP dan SMA (Isma Nita, Penulis Kompasiana)
  248. Peran Akhlak dalam Kemajuan Pendidikan (Miftahul Khair, S.Si, M.Sc., Dosen UNP)
  249. Pendidikan Karakter : Mengembalikan Pendidikan Pancasila yang Hilang (Drs. Marijan Praktisi Pendidikan di SMPN 5 Wates Kulonprogo DIY)
  250. Hentikan Program Pendidikan Berkarakter! (Darman Moenir, Wartawan dan Pengamat Pendidikan)

  251. Pendidikan Karakter, Masihkah Perlu? (Prof. Dr. H. Azmi, MA, Dosen Pascasarjana UNP) 


e-Newsletter Pendididkan @ Facebook :

Belanja di Amazon.com :

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PANDUAN VERIFIKASI AKUN PAYPAL ANDA KE REKENING BANK ANDA [KLIK DISINI]