GURU SEJATINYA TETAP KUNCI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. NAMUN, SEBAGAI AGEN PERUBAHAN, GURU DITUNTUT HARUS MAMPU MELAKUKAN VALIDASI MEPERBAHARUI KEMAMPUANNYA, SESUAI DENGAN TUNTUTAN ZAMAN AGAR TIDAK TERTINGGAL

Loading...
 

Kamis, 15 Mei 2014

Menghapus Masa Remaja

"Pembahasan pentingnya melahirkan generasi Aqil Baligh di group MLC (digagas ust @adriano rusfi), yaiu generasi mandiri dan berakhlak di usia 14-15 tahun dan kenyataan bahwa kelas "Remaja" sebenarnya tidak pernah ada dalam sejarah manusia sampai abad ke 19 kecuali rekayasa sosial untuk memperpanjang masa anak2 dengan tujuan membatasi jumlah usia yang cepat produktif dan memperbesar kelas konsumtif demi alasan ekonomi dstnya, Ternyata menjadi kekhawatiran bersama di Amerika. Kerusakan generasi muda sangat sering diakibatkan pembatasan mereka menuju kedewasaan dalam arti anak2 yang berusia di atas 12-13 tahun terus saja dianggap sebagai anak2 bahkan cenderung diperpanjang sampai usia 26 tahun. Jika kita terus meniru sistem persekolahan Amerika dan budaya dunia umumnya yang dikendalikan oleh kepentingan politik dan ekonomi dengan merekayasa kelas remaja, maka kitapun menuju kehancuran yang sama. Simak diskusi bernas dari psikolog berikut"


Psikolog Robert Epstein berpendapat dalam sebuah buku yang provokatif , " Kasus Terhadap Remaja, "bahwa remaja sebenarnya jauh lebih kompeten daripada yang kita asumsikan, dan sebagian besar dari masalah mereka berasal dari pembatasan penempatan sosial pada mereka. (Oleh Hara Estroff Marano , diterbitkan pada 1 Maret 2007 - terakhir dibahas pada 6 Mei 2012)

Psikolog Robert Epstein (RE) berbicara kepada jurnalis Psychology Today, Hara Estroff Marano (HEM) tentang kendala hukum dan emosional pada kaum muda Amerika .

HEM : Mengapa anda percaya bahwa masa remaja merupakan "perpanjangan buatan" masa kanak-kanak ?
RE : Dalam setiap spesies mamalia , segera setelah mencapai pubertas, binatang berfungsi sebagai orang dewasa, sering memiliki keturunan. Sistem menyebutnya keturunan kita "anak-anak" dengan baik melewati pubertas .

Tren dimulai seratus tahun yang lalu dan sekarang meluaskan masa kanak-kanak baik ke 20-an . Usia di mana orang Amerika mencapai dewasa meningkat - usia 30an yaitu baru usia 20an - dan kebanyakan orang Amerika sekarang percaya seseorang tidak dewasa sampai usia 26 .

Seluruh budaya bekerja sama dalam "artifisial/buatan" memperpanjang masa kanak-kanak, terutama melalui sistem sekolah dan pembatasan tenaga kerja. Kedua sistem berkembang bersama di abad ke-19 akhir ; para pendukung hukum "wajib pendidikan" juga mendorong undang-undang pekerja anak, membatasi cara orang-orang muda bisa bekerja, sebagian udengan alasan melindungi mereka dari pelanggaran pabrik-pabrik baru. Sistem peradilan anak muncul tiba-tiba pada waktu yang sama . Semua sistem ini mengisolasi remaja dari orang dewasa, seringkali dengan cara yang bermasalah .

 

 

Sistem pendidikan saat ini diciptakan pada 1800-an dan awal 1900-an , dan dimodelkan setelah berdirinya pabrik2 baru revolusi industri . Sekolah umum, dibentuk untuk memasok pabrik dengan tenaga kerja terampil, dengan pendidikan yang digegas dalam tahun yang relatif pendek .

Sistem telah mencoba untuk menset lebih banyak dan sementara lebih memperluas sekolah sampai usia 24 atau 25 , untuk beberapa segmen dari populasi . Secara umum, pendekatan semacam itu masih mencerminkan pemikiran pabrik, ayo rubah pendidikan anda sekarang dan lakukan secara efisien , di kelas2, di kebiasaan2 belajar. Sayangnya, kebanyakan orang belajar di ruang kelas mereka membenci pendidikan selama sisa hidup mereka .

Sistem pabrik tidak bekerja di dunia modern, karena dua tahun setelah lulus, apa pun yang anda pelajari sudah basi. Kita perlu spread pendidikan seumur hidup, tidak terjebak macet di awal tahun pendidikan - kecuali untuk dasar-dasar seperti membaca, menulis , dan mungkin kewarganegaraan. Melewati masa pubertas, pendidikan perlu dikombinasikan dengan cara yang menarik dan kreatif dengan kemampuan pekerjaan. Sistem sekolah pabrik tidak lagi masuk akal .

Apakah ada konsekuensi dari memperpanjang masa kecil seseorang ?

Bayangkan apa yang mereka akan merasa seperti - atau pikirkan kembali bagaimana rasanya ketika - tubuh dan pikiran yang memberitahu anda sudah dewasa, sementara orang dewasa di sekitar anda tetap bersikeras bhw anda seorang anak. Infantilization (pembayian) ini membuat banyak orang muda marah atau tertekan, dengan penderitaan mereka membawa lebih ke keluarga mereka dan berkontribusi terhadap tingginya angka perceraian. Sulit untuk menjaga pernikahan bersama-sama ketika ada konflik konstan dengan remaja .
Remaja telah benar-benar terisolasi dari orang-orang muda dewasa dan menciptakan budaya teman sebaya. Kami halau mereka di sekolah dan menjaga mereka dari bekerja (working) dengan cara yang berarti, dan jika mereka melakukan sesuatu yang salah kita menempatkan mereka dalam sebuah penjara dengan "anak-anak" lainnya .

Dalam sebagian besar masyarakat non-industrialisasi, orang-orang muda yang terintegrasi ke dalam masyarakat dewasa secepat mereka mampu, maka tidak ada tanda-tanda gejolak remaja. Banyak budaya bahkan tidak memiliki istilah untuk remaja. Tapi mereka tidak hanya menciptakan tahap kehidupan : mereka menyatakan itu tak terelakkan. Pada tahun 1904, psikolog Amerika G. Stanley Hall mengatakan bahwa itu diprogram oleh evolusi. Dia salah!

Bagaimana perilaku remaja dibentuk oleh struktur sosial ?

Salah satu efek adalah penciptaan segmen baru masyarakat yang hanya menunggu untuk mengkonsumsi, terutama jika diberi uang untuk dibelanjakan. Sekarang ada industri besar - musik , pakaian, makeup - yang berputar di sekitar segmen ini buatan masyarakat dan menjaga itu terjadi, dengan menghabiskan remaja ke atas US $ 200 miliar per tahun hampir sepenuhnya pada hal-hal sepele .

Ironisnya, karena anak-anak hanya terbatas pada hak milik, mereka tidak memiliki kontrol penuh atas apa yang telah mereka beli. Pikirkan bagaimana aneh itu . Jika anda, sebagai orang dewasa , menghabiskan uang dan membawa pulang mainan, itu mainan anda dan tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda. Tapi dengan usia 14 tahun, itu bukan benar-benar "mainan"nya . Orang-orang muda tidak dapat memiliki beragam hal, tidak dapat menandatangani kontrak, dan mereka tidak bisa melakukan sesuatu yang berarti tanpa izin orangtua - izin yang dapat ditarik/dicabut setiap saat. Mereka tidak bisa menikah, dll . Mereka dibatasi dan dibocahkan ke tingkat yang luar biasa .

Dalam survei baru-baru ini saya telah menemukan bahwa remaja Amerika yang mengalami lebih dari 10 kali lebih banyak pembatasan sebagai orang dewasa, ternyata itu dua kali lebih banyak pembatasan aktif - tugas Marinir AS , dan bahkan dua kali sebanyak penjahat dipenjara . Psikolog Diane Dumas dan saya juga menemukan korelasi antara pembocahan dan disfungsi psikologis . Semakin banyak orang muda mengalami pembocahan, semakin psikopatologi mereka terlihat .

Terlebih lagi, sejak tahun 1960, pembatasan remaja telah dipercepat . Orang-orang muda dibatasi dengan cara-cara tidak dewasa.

Anda percaya pada kompetensi yang melekat pada remaja . Apa bukti Anda?

Dumas dan saya menemukan, apa yang membuat orang dewasa itu disebut dewasa. Kami datang dengan 14 bidang kompetensi - seperti keterampilan interpersonal, penanganan tanggung jawab , kepemimpinan dan tes diberikan kepada orang dewasa dan remaja di beberapa kota di seluruh negeri. Kami menemukan bahwa remaja adalah kompeten atau hampir sama kompeten sebagai dewasa di semua 14 wilayah. Tapi ketika orang dewasa memperkirakan berapa remaja akan mencetak gol, maka perkiraan mereka secara dramatis di bawah apa yang sebenarnyamampu dicetak remaja .

Data lama lain menunjukkan bahwa remaja setidaknya sudah kompeten sebagai orang dewasa . IQ adalah kecerdasan yang menunjukkan di mana Anda berdiri relatif terhadap orang lain pada usia Anda ; ternyata tetap stabil . Tapi skor mentah dari puncak intelijen sekitar usia 14-15 dan menyusut setelahnya. Skor pada hampir semua tes memori puncak antara usia 13 dan 15 . Kemampuan perseptual semua puncak pada usia itu . Puncak ukuran otak pada 14 . Insidentil memori - apa yang Anda ingat karena kecelakaan , dan bukan karena mnemonik - adalah sangat baik di awal hingga pertengahan remaja dan praktis tidak ada pada usia 50an dan 60an .

Jika remaja sangat kompeten, mengapa mereka tidak menunjukkan hal itu ?

Apa yang remaja lakukan adalah sebagian kecil dari apa yang mereka mampu lakukan . Jika anda memperlakukan atau membatasi mereka, maka kinerja pasti menyakitkan dan sangat menyesatkan. Para remaja diposisikan sebelum kita sebagai contoh, misalnya, industri musik cenderung sangat tidak kompeten . Remaja mendorong satu sama lain untuk melakukan ketidak kompeten -an. Salah satu lagu kebangsaan dari pop modern, "Smells Like Teen Spirit " oleh Nirvana , adalah tentang bagaimana kita harus berperilaku seperti kita bodoh .

Remaja di Amerika yang berhubungan dengan rekan-rekan mereka rata-rata 65 jam seminggu, dibandingkan dengan sekitar empat jam seminggu dalam budaya pra-industri. Di negeri ini, remaja belajar hampir segala sesuatu yang mereka tahu dari remaja lain , yang pada gilirannya sangat dipengaruhi oleh industri agresif tertentu. Ini tidak masuk akal. Remaja seharusnya belajar dari orang-orang yang mereka akan menjadi, bukan dengan sesama. Ketika orang-orang muda keluar dari sistem pendidikan dan dibuang ke dunia nyata, yang bukan dunia Britney Spears, mereka tidak tahu apa yang terjadi dan harus menghabiskan banyak waktu mencari keluar.

Setidaknya ada 20 juta orang muda antara 13 dan 17 , dan jika mereka kompeten karena saya pikir mereka memang begitu,namun sayangnya mereka hanya dibuang .

Apakah Anda percaya bahwa orang-orang muda mampu menjaga hubungan jangka panjang dan mampu penalaran moral?

Setiap orang yang telah melihat masalah ini telah menemukan bahwa remaja dapat mengalami cinta sebagaimana orang dewasa mengalami. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka berganti pasangan lebih, karena mereka digudangkan bersama-sama, mengatakan itu cinta monyet dan tidak nyata, dan tidak dapat menikah tanpa izin. Asumsinya adalah mereka tidak mampu. Tapi banyak pasangan dibedakan hari - Jimmy dan Rosalynn Carter, George dan Barbara Bush menikah muda dan memiliki hubungan jangka panjang yang sangat sukses .

Menurut data sensus, tingkat perceraian laki-laki menikah di usia remaja mereka lebih rendah daripada laki-laki menikah di usia 20-an. Secara keseluruhan tingkat perceraian orang menikah di usia remaja adalah sedikit lebih tinggi. Apakah itu berarti kita harus melarang mereka dari menikah? Itu tidak masuk akal. Kita harus bertujuan untuk membalikkan itu \\, memberitahu orang-orang muda yang sebenarnya : bahwa mereka mampu menciptakan hubungan jangka panjang yang stabil. Mereka mungkin gagal - tetapi orang dewasa lakukan setiap hari juga.

Fenomena "teman dengan manfaat" adalah produk sampingan dari mengisolasi remaja, pergudangan mereka bersama-sama, dan memberikan pesan bahwa mereka tidak mampu dalam hubungan jangka panjang. Jelas mereka memiliki dorongan seksual yang kuat dan bertindak atas mereka dengan cara yang tidak bertanggung jawab. Kita dapat mengubah bahwa dengan membiarkan mereka tahu bahwa mereka mampu memiliki lebih dari relasi.

Studi menunjukkan bahwa kita mencapai tingkat tertinggi penalaran moral sementara kita masih remaja. Kemampuan mereka paralel tingkat tinggi kemampuan penalaran kognitif , yang puncaknya cukup awal . Di seluruh usia , remaja jauh lebih mampu daripada yang kita pikir ttg mereka .

Apa bagian terburuk dari cara saat kita memperlakukan remaja ?

Hubungan permusuhan antara orang tua dan anak mengerikan; sakit kedua orang tua dan orang muda. Ini air mata beberapa orang -cabik ; mereka tidak mengerti mengapa itu terjadi dan tidak bisa keluar dari itu. Mereka tidak menyadari bahwa mereka terjebak dalam mesin yang mendorong mereka terpisah dari keturunan mereka - dan itu sesungguhnya tidak perlu .

Apa yang bisa dilakukan ?

Saya percaya bahwa orang-orang muda harus memiliki pilihan - pilihan yang lebih untuk bekerja, menikah, memiliki sendiri, menandatangani kontrak, memulai bisnis , membuat keputusan tentang perawatan kesehatan, hak hidup sendiri, hak istimewa, atau tanggung jawab yang orang dewasa miliki. Saya menganjurkan sistem berbasis kompetensi yang berfokus pada kemampuan individu .

Untuk beberapa hal itu akan berarti lebih banyak waktu di sekolah dikombinasikan dengan kerja, untuk orang lain itu akan berarti bahwa pada usia 13 atau 15 mereka bisa mendirikan sebuah bisnis Internet. Orang lain akan memasuki dunia kerja dan menjadi semacam magang. Pabrik-pabrik eksploitatif sudah lama berlalu; orang-orang muda yang kompeten layak kesempatan untuk bersaing di mana itu penting , dan banyak yang akan mengejutkan kita .

Ini masalah sederhana untuk mengembangkan tes kompetensi untuk menentukan hak-hak apa yang orang muda harus diberikan , seperti sekarang kami memiliki uji kompetensi untuk mengemudi. Ketika Anda menawarkan hak signifikan untuk lulus tes seperti itu, itu sangat memotivasi; orang yang tidak bisa lulus tes sejarah SMA tidak akan pernah menyerah berusaha untuk lulus tes tertulis di DMV, dan mereka akan hampir selalu berhasil. Kita perlu untuk menawarkan berbagai tes , termasuk tes komprehensif untuk memungkinkan seseorang untuk menjadi emansipasi tanpa perlu tindakan pengadilan. Ketika kita menjuntai manfaat yang signifikan di depan orang - termasuk muda, hak untuk diperlakukan seperti orang dewasa - banyak akan menyisihkan trivia budaya remaja dan bekerja keras untuk bergabung dengan dunia orang dewasa kita .

Apakah Anda mengatakan bahwa remaja harus memiliki lebih banyak kebebasan ?

Tidak, mereka sudah memiliki terlalu banyak kebebasan - mereka bebas untuk menghabiskan, tidak menghormati, untuk tetap berada di luar sepanjang malam , melakukan hubungan seks dan menggunakan narkoba. Tapi mereka tidak bebas untuk bergabung dengan dunia orang dewasa, dan itulah apa yang perlu diubah .

Sayangnya, sistem saat ini begitu melekat bahwa orang tua dapat melakukan sedikit untuk melawan pembocahan . Tidak ada satu orang tua dapat memberikan hak properti, meskipun mereka akan sangat memotivasi . Terlalu sering, memberi anak tanggung jawab yang lebih, berarti memberi mereka pekerjaan rumah tangga , yang hanya menyebabkan lebih banyak ketegangan dan konflik . Kita harus berpikir di luar tugas yang harus bermakna tanggung - jawab terkait dengan hak-hak yang signifikan .

Dengan sistem berbasis kompetensi yg sesuai, fokus kami akan mulai berubah . Kita akan menjadi lebih sadar akan hal-hal yang luar biasa remaja dapat lakukan, bukan pada perilaku budaya -driven . Dengan keberuntungan, kita bahkan mungkin bisa menghapus masa remaja .

[Sumber : https://www.facebook.com/groups/millennial/]

Artikel terkait : 
(2). Pendidikan Remaja dari Sudut Pandang Psikologi Islami 

Tidak ada komentar:

e-Newsletter Pendididkan @ Facebook :

Belanja di Amazon.com :

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PANDUAN VERIFIKASI AKUN PAYPAL ANDA KE REKENING BANK ANDA [KLIK DISINI]