GURU SEJATINYA TETAP KUNCI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. NAMUN, SEBAGAI AGEN PERUBAHAN, GURU DITUNTUT HARUS MAMPU MELAKUKAN VALIDASI MEPERBAHARUI KEMAMPUANNYA, SESUAI DENGAN TUNTUTAN ZAMAN AGAR TIDAK TERTINGGAL

Loading...
 

Jumat, 27 Januari 2012

Peneliti Indonesia Diingatkan Belajar Menulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lesunya iklim penelitian di Indonesia tidak hanya dipicu oleh kurangnya dukungan dana dari pemerintah. Faktor lain yang turut melesukan dunia penelitian di Indonesia karena banyak peneliti yang lemah dalam kemampuan menulis, khususnya menulis dalam bahasa Inggris. 

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran Eky S Soeria Soemantri mengatakan, hal itu dapat dilihat dari sepinya hasil penelitian para peneliti Indonesia yang dipublikasikan dalam jurnal penelitian internasional.

"Itu makanya para peneliti harus diberikan pelatihan agar memiliki kemahiran dalam menulis," kata Eky kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2012), di Hotel Mulia, Jakarta.

Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia ini mengungkapkan, kemahiran menulis mutlak harus dimiliki para peneliti. Kemampuan menulis, menurutnya, akan berguna saat seleksi proposal permohonan bantuan dana dari pemerintah.

"Agar bisa lolos seleksi. Selain itu, agar penelitian tidak sekadar penelitian, tetapi bisa dipublikasikan, dan kemudian bisa diterapkan, atau pun jika akan dilakukan penelitian lanjutan," ujarnya.

Ia menambahkan, hasil penelitian Indonesia sebenarnya lebih banyak dari negara lain, seperti Malaysia dan Singapura. Akan tetapi, kendala bahasa menyebabkan peringkat Indonesia dalam hal penelitian masih berada di bawah kedua negara itu. Padahal, kata dia, banyaknya hasil penelitian yang masuk dalam jurnal internasional akan mendongkrak peringkat universitas Indonesia di kancah internasional.

"Kalau penelitian tidak dipublikasi buat apa meneliti? Publikasi itu menentukan peringkat universitas di dunia. Makin banyak penelitian maka makin bagus rankingnya," ujar Eky.

Tidak ada komentar:

Entri Terkini :

e-Newsletter Pendididkan @ Facebook :

Belanja di Amazon.com :

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PANDUAN VERIFIKASI AKUN PAYPAL ANDA KE REKENING BANK ANDA [KLIK DISINI]